Siapa Luther Vandross?


 Kalian pasti pernah mendengar nama Luther Vandross bukan?

Luther Vandross merupakan artis kulit hitam asal Amerika yang lahir pada 20 April 1951 di New York. Ia merupakan penyanyi yang mengusung aliran R&B pada era 1980-an hingga 1990-an. Ia juga merupakan seorang penulis lagu.

Vandross telah mahir bermain piano ketika usianya masih menginjak tiga tahun. Di samping itu, ia juga tumbuh dalam lingkup keluarga yang mahir dalam bidang musik. Saudara perempuannya Patricia bergabung dengan grup musik The Crests. Ayah Vandross meninggal karena penyakit diabetes yang dideritanya saat Vandross berumur delapan tahun. Semasa muda Vandroos bersekolah di sekolah menengah atas Shades of Jade dan sempat bermain teater dalam Apolo Theater di Harlem. Ia juga merupakan angoota kelompok teater.

Sepanjang karirnya, Vandross mampu menjual 25 juta album dan memenangkan delapan Penghargaan Grammy termasuk di dalamnya sebagai Penyanyi R&B Terbaik yang diraihnya sebanyak empat kali. Lagunya DANCE WITH MY FATHER meraih penghargaan Grammy sebagai lagu terbaik pada tahun 2004. Ia memperoleh inspirasi dari Aretha Franklin, yang lagu-lagunya banyak diproduksi oleh Vandross. Ia juga kuat terpengaruh oleh Dionne Warwick dan Sam Cooke, seorang pionir music soul. Namun sayangnya Vandross meninggal pada tahun 2005 dan tercatat bahwa ia tidak pernah menikah. Ia meninggal pada 1 Juli 2005 di Edison, New Jersey, Amerika karena penyakit diabetes dan darah tinggi yang menurun dari garis keturunan keluarganya.


Album

1981 NEVER TOO MUCH
1983 FOREVER
1983 FOR ALWAYS
1983 FOR LOVE
1983 BUSY BODY
1985 THE NIGHT I FELL IN LOVE
1986 GIVE ME THE REASON
1988 ANY LOVE
1991 POWER OF LOVE
1993 NEVER LET ME GO
1994 SONGS
1995 THIS IS CHRISTMAS
1996 YOUR SECRET LOVE
1998 I KNOW
2001 LUTHER VANDROSS
2003 DANCE WITH MY FATHER
2003 LIVE 2003 AT RADIO CITY MUSIC HALL

Kompilasi

1989 THE BEST OF LUTHER VANDROSS: THE BEST OF LOVE
1995 THE GREATEST HITS 1981-1995
1997 ONE NIGHT WITH YOU: THE BEST OF LOVE, VOLUME 2
1998 ALWAYS & FOREVER: THE CLASSICS
1999 GREATEST HITS
2000 SUPER HITS
2000 SMOOTH LOVE
2001 THE ULTIMATE LUTHER VANDROSS
2002 THE VERY BEST OF LOVE
2003 THE ESSENTIAL LUTHER VANDROSS

Penghargaan

American Music Award
1988 Favorite Soul/R&B Male Artist
1990 Favorite Soul/R&B Male Artist
1992 Favorite Soul/R&B Male Artist
1992 Favorite Soul/R&B Album (untuk Power Of Love)
1994 Favorite Soul/R&B Male Artist
1996 Favorite Soul/R&B Male Artist
2002 Favorite Soul/R&B Male Artist
2003 Favorite Soul/R&B Male Artist
2003 Favorite Soul/R&B Album (untuk Dance With My Father)

Penghargaan Grammy
1990 Best R&B Vocal Performance, Male (untuk HERE AND NOW)
1991 Best R&B Vocal Performance, Male 1991 Best Rhythm & Blues Song” (untuk POWER OF LOVE)
1996 Best Male R&B Vocal Performance (untuk YOUR SECRET LOVE)
2003 Best Male R&B Vocal Performance
2003 Song Of The Year (untuk DANCE WITH MY FATHER);
2003 Best R&B Album (untuk DANCE WITH MY FATHER)
2003 Best R&B Performance By A Duo Or Group With Vocals (untuk THE CLOSER I GET TO YOU)
2004 Song of the Year (DANCE WITH MY FATHER)
Best R&B Album (DANCE WITH MY FATHER)
Best R&B Vocal Performance by a Duo or Group (THE CLOSER I GET TO YOU)
Best R&B Vocal Performance - Male (DANCE WITH MY FATHER)
Best R&B Song (DANCE WITH MY FATHER)
2007 Best R&B Vocal Performance - Male (GOT YOU HOME)



Sebenarnya niat buat nulis dan ngisi blog ini sudah lama tapi baru terealisasikannya sekarang. Sempat bingung mau nulis apa karena memang sebelumnya juga nggak terlalu berpengalaman dalam dunia blogger,akhirnya berhubung ada tugas mengenai lagu ini ketemu ide buat ditorehkan dalam blog yang malang ini :D

Judul lagunya “dance with my father” . Mungkin ada yang sudah tau lagu ini sebelumnya ?
Berdasarkan info dari opa gugel saya baru tau kalau lagu ini banyak versi dari penyanyi nya. Tapi kata si wikipedia penulis lagu ini adalah penyanyi dan penulis lagu asal negeri Paman Sam yakni bernama  Luther Vandross. Bytheway saya dengar lagunya yang versi Kellie Coffey. 
Dibaca dari judulnya memang lagu ini berkisah tentang Ayah. Sepertinya memang kebetulan yang sudah direncanakan oleh Tuhan karena saya baru ada kesempatan buat ngisi blog itu tentang Ayah,di bulan Januari di tahun 2016 ini. Kata si wikipediia,di Indonesia tiap tanggal 12 November dirayakan hari Ayah. Semoga sudah mendapat point yang saya maksud.
Kalau sebelumnya ada beredar catatan di facebook anda yang berjudul “cerita tentang ayah” yang konon menguras air mata 85% anak di Indonesia dengan berdasarkan data yang asal ketik,mungkin kelak lirik lagu ini bila dihayati juga sama,like I had done :3

Penasaran sama liriknya ?

cekidooooooot dan hayati

 Luther Vandross "Dance With My Father"

Back when I was a child
Before life removed all the innocence
My father would lift me high
And dance with my mother and me and then
 

Spin me around till I fell asleep
Then up the stairs he would carry me
And I knew for sure
I was loved

If I could get another chance
Another walk, another dance with him
I’d play a song that would never, ever end
How I’d love, love, love to dance with my father again


Ooh, ooh

When I and my mother would disagree
To get my way I would run from her to him
He’d make me laugh just to comfort me, yeah, yeah
Then finally make me do just what my mama said

Later that night when I was asleep
He left a dollar under my sheet
Never dreamed that he
Would be gone from me

If I could steal one final glance
One final step, one final dance with him
I’d play a song that would never, ever end
‘Cause I’d love, love, love to dance with my father
again

Sometimes I’d listen outside her door
And I'd hear how my mother cried for him
I pray for her even more than me
I pray for her even more than me


I know I’m prayin’ for much too much
But could You send back the only man she loved
I know You don’t do it usually
But dear lord, she’s dyin’ to dance with my father again
Every night I fall asleep
And this is all I ever dream


Buat yang nggak paham, kira-kira seperti ini terjemahannya
 

Kembali ketika aku masih kanak-kanak
Sebelum kehidupan menyingkirkan semua kepolosan
Ayahku mengangkatku tinggi
Dan menari dengan ibuku dan aku dan kemudian

Mengayunku hingga aku tertidur
Kemudian menaiki tangga ia membawaku
Dan aku tahu dengan pasti
Aku dicintai
Bila aku bisa mendapat kesempatan lain
Jalan lain,tarian lain dengannya
Aku akan memainkan sebuah lagu yang tidak pernah,pernah berakhir
Betapa aku akan cinta,cinta,cinta menari dengan ayahku lagi

Ketika aku dan ibuku bertengkar
Untuk mendapatkan mauku aku akan lari dari nya(ibu) ke dia(ayah)
Ia (Ayah) akan membuatku tertawa hanya untuk membuat aku nyaman
Kemudian akhirnya membuatku melakukan apa yang ibuku katakan

Akhirnya malam itu ketika aku tertidur
Dia meninggalkan satu dolar di bawah sepreiku
Tak  pernah termimpikan kalau dia 
Akan pergi dariku

Bila aku bisa mencuri satu lirikan akhir
Satu langkah terakhir,satu tarian terakhir dengannya
Aku akan memainkan sebuah lagu yang tidak akan pernah,pernah berakhir
Karena aku akan cinta,cinta,cinta menari dengan ayahku lagi

Kadang-kadang aku akan mendengar dari luar pintunya(ibuku)
Dan aku akan mendengar bagaimana ibuku sedang menangis untuknya(ayah)
Aku berdoa untuk ibuku bahkan lebih banyak daripada untukku
Aku berdoa untuknya bahkan lebih

Aku tau aku sedang berdoa yang banyak terlalu banyak
Tapi dapatkah Kau mengirim kembali satu-satunya lelaki yang ia cintai
Aku tau Kau tidak melakukan itu biasanya
Tapi Tuhan,dia ingin sekali menari dengan ayahku lagi
Setiap malam aku tertidur
Dan ini semua aku pernah mimpikan
See ? Sudah paham dengan arti lagu ini ? :)
The either thing that I love,when my father and I was sitting in car then we’ll talk everything about my future and he’ll share his great experiences. It was one of the most quality time I ever had :)
Walau masih belum 12 November,tapi saya mengucapkan selamat Hari Ayah untuk ayahku dan para ayah. Oh superb fathers,please love and keep your children,wife,and family :)
Sayangilah ayah,abah,papah,daddy,papi kita walau di telapak kakinya tak terlihat surga sekalipun,karena dibalik watak kerasnya terselip cinta yang begitu besar untukmu.

Komentar

Postingan Populer